HEADLINE NEWS

Kamis, 16 April 2015

Ngopi, Antara Hobby dan Kebutuhan

Mbah Ji menikmati secangkir kopi
Donan, Purwosari - Ngopi merupakan istilah yang digunakan sebagaian warga Indonesia saat sedang santai dan menikmati makanan ringan. Namun istilah ngopi ini juga bisa pada arti yang sebenarnya yaitu "minum secangkir kopi". 

Kebiasaan minum kopi di negeri ini rupanya sudah menjadi budaya turun-temurun karena dari kalangan tua hingga muda saat ini banyak yang menyukainya dan bahkan menjadikannya sebuah hobi. Agar tidak terkesan kuno dan kolot kini hampir di setiap tempat nongkrong anak muda khususnya warga desa Donan banyak menyediakan berbagai jenis minuman yang berbahan dasar kopi. Minuman yang satu ini boleh dibilang legendaris karena peminatnya tidak pandang zaman. 

Di luar negeri pun minuman ini termasuk ke dalam jajaran minuman orang kalangan atas yang hanya dapat ditemukan di kedai-kedai kopi khusus dengan berbagai jenis aroma khas berdasarkan asal tumbuhnya tanaman biji itu. Beberapa jenis kopi yang lumayan terkenal diantaranya Arabica, Robusta dan kopi luwak dan masih banyak jenis lainnya yang di bandrol dengan harga selangit. 

Berdasarkan pengamatan, budaya minum kopi kini sedang marak di kalangan anak muda, kopi adalah sebagai teman pendamping dikala begadaang di malam hari. Seperti di ketahui bahwa kandungan kafein dalam kopi lah yang dapat menghilangkan rasa kantuk maka sebagaian orang memilih meminum kopi hingga tidak sedikit dari mereka juga merasa kecanduan karena hampir setiap hari meminum kopi.

Sampai saat ini memang tidak ada larangan atau anjuran khusus mengenai kopi. Berdasarkan penelitian dengan meminum kopi dapat memberikan manfaat tersendiri bagi tubuh manusia, namun jika di konsumsi secara berlebihan kopi juga dapat menjadi racun bagi tubuh manusia. 

Selain penghilang rasa kantuk Kafein pada kopi pada dasarnya juga berfungsi sebagai aspirin atau obat penghilang rasa nyeri, oleh karena itu dalam beberapa obat kerap kali di tambah kafein sebagai penambah dosis. Dengan mengkonsumsi kopi tidak lebih dari dua gelas dalam sehari juga dapat meredakan rasa nyeri pada otot setelah bekerja.

Bahkan seperti yang dikatakan Mbah Ji salah satu warga desa Donan "aktifitas ngopi sudah menjadi kebiasaan bagi warga desa Donan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan". 

Ada empat titik dimana warga desa Donan sering melakukan aktifitas ngopi. yang masih dalam lingkup wilayah desa Donan. Bahkan di saat Bapak Camat Purwosari (Bambang Supriyanto, SH) melakukan kunjungan kerjanya di desa Donan juga sempat ikut melakukan aktifitas ngopi dan merasakan nikmatnya kopi bersama Bapak Kades Donan juga beberapa perangkat lainnya, namun sayang kami tidak sempat mengambil foto-foto beliau saat melakukan aktifitas ngopi di desa donan.

Nah bagi teman-teman yang juga hobby ngopi atau bahkan penggila kopi silahkan berkunjung ke desa kami desa Donan untuk sekedar menikmati panasnya secangkir kopi.
Tapi ingat minum kopi lebih dari dua gelas dalam sehari bagi wanita dapat meningkatkan resiko osteoporosis. Selain itu juga dapat mengurangi tingkat kesuburan pada wanita, dan bila di minum pada saat hamil dapat mengakibatkan premature atau kelahiran dini dan cacat lahir. Kopi juga dapat mendisfungsikan tubuh manusia secara langsung jika di konsumsi labih dari 80 cangkir dalam sehari (hehehe).

Dengan demikian "Ngopi" atau mengkonsumsi kopi dengan sewajarnya adalah pilihan terbaik selain agar tidak menjadikan kecanduan, bagi pecinta kopi juga tidak harus meninggalkan hobi ngopi hanya karena takut efek negatif yang di timbulkannya dari kopi itu.

Kim Punden Donan

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 Kim Punden Donan
Design by FBTemplates | BTT