HEADLINE NEWS

Senin, 20 April 2015

Kabar Petani


Tanaman terong yang sudah di ganti dengan kacang tanah
Donan - Purwosari.     Hidup memang tak semudah apa yang di katakan Mario Teguh, ungkapan itu mewakili apa yang dirasakan oleh para petani yang ada di desa Donan - Purwosari, bagaimana tidak, harapan bisa meraih penghasilan yang lumayan akhirnya kandas juga, untuk musim panen sekarang ini penduduk desa Donan yang memang mayoritas menanam terong sebagian harus rela membiarkan tanaman terongnya tidak diurus. Itu semua dilakukan karena harga terong sangat tidak sebanding dengan biaya pengolahan lahan dan pemeliharaan. 

Di awal musim panen mungkin petani masih bisa merasakan hasil dari jerih payahnya selama ini, namun menginjak panen ketiga harga yang seharusnya mampu bertahan di kisaran Rp 50.000 - Rp 60.000 harus turun drastis, harapan untuk mendapatkan penghasilan dari menanam terong untuk saat-saat ini harus dikubur dulu mengingat harga terong yang turun sampai di bawah standar. 

Namun tidak semua petani terong membiarkan tanaman terongnya tidak dirawat, karena sebagian para penduduk yang menanam terong masih bertahan untuk merawat tanaman terongnya, dengan harapan harga terong bisa naik seperti yang diharapkan para petani, sebagian lagi sudah mengganti dengan tanaman lain dengan kacang tanah,  hal seperti ini sangat menjadi beban pikiran bagi para petani karena tidak menutup kemungkinan untuk tahun depan harga terong akan sama seperti periode sekarang ini, untuk musim panen ini saja harga terong turun antara Rp. 7.000 - Rp. 10.000. untuk mensikapi kondisi seperti ini para petani berharap agar pemerintah bisa memberi solusi dan mencari pemecahan masalah yang di hadapi para petani terong di desa Donan. 

Bapak H. Darmaji (kepala desa Donan) berharap agar para petani tidak berkecil hati dalam menghadapi masalah seperti ini, Beliau mengatakan agar para petani tidak pernah menyerah dengan keadaan ini, apalagi desa Donan sudah dikenal sebagai central penghasil terong, potensi seperti ini seharusnya mampu menjadi kebanggaan dan pendorong semangat bagi para petani untuk terus mengembangkan tanaman terong di tahun-tahun ke depan. (kimpundendonan)

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 Kim Punden Donan
Design by FBTemplates | BTT