HEADLINE NEWS

Minggu, 03 Mei 2015

Tips dan Trik Hadapi UN (SD, SMP)

Persiapan untuk ujian


Donan - Purwosari, Ini adalah sebagian diantara Tips dan Trik untuk menghadapi ujian.

1. Siapkan mental 
Secerdas apapun kita, jika memiliki sikap mental yang negatif, sulit  untuk meraih yang namanya sukses.  bangunlah sikap percaya diri, dan harus yakin pasti akan lulus. Jika berusaha keras menyiapkan diri sebaik-baiknya, belajar dengan serius, bukan hanya sekedar lulus, bahkan peringkat bintang pun bisa di braih.

2. Rajin memotivasi diri
Motivasi yg paling baik sebenarnya justru yg berasal dari diri sendiri. Bermimpilah setinggi mungkin. Berawal dari mimpi itulah  akan terdorong untuk mewujudkannya. Tulislah mimpi besar-besar kalau perlu tempel agar setiap kali melihatnya, hati akan bergetar. Motivasi juga akan sangat dipengaruhi oleh visi & misi. Visi adalah apa yang di inginkan terjadi   dimasa yang akan datang. Sedangkan misi adalah apa-apa yang harus dilakukan untuk mewujudkan mimpi-mimpi besar itu.

3. Menetapkan target
Dengan target kita akan bekerja denga penuh semangat. Target juga alat yang efektif untuk mengusir rasa malas, bosan, bete, jenuh & seabrek pemikirian negatif lainnya. Akan tetapi, target haruslah realistis. Misalnya, nggak terlalu doyan sama matematika, nggak usah matok target dapat nilai 100. Karena hanya berbuah kecewa rasa masam plus berkerut. Kita bisa mengukur target berdasarkan kemampuan yang dimiliki.

4. Kurangi kebiasaan tidak produktif
Tidak ada kesuksesan tanpa perjuangan dan tidak ada perjuangan tanpa pengorbanan. Salah satunya rela mengorbankan kebiasaan-kebiasaan yang tidak produktif yang semuanya membuang-buang waktu & stamina, menghindari kebiasaan nonton TV, nongkrong di playstation, internetan, dll, menjelang ujian.

5. Sediakan waktu yang cukup untuk belajar
Semakin serius belajar, rasa bahwa belum tahu apa-apa ternyata semakian besar. Banyak hal yang menarik jika kita benar-benar memahami sebuah permasalahan. Belajar jadi terasa mengasyikkan. Malah jadi satu hobi yg menyenangkan. Jangan mengandalkan SKS (Sistem Kebut Semalam), karena hanya mendatangkan kegugupan dibanding secara rutin belajar. Belajar secara rutin akan membuat hafalan atau pengetahuan melekat pada dan lebih adem menetap di otak.

6. Rajin membaca
Aktivitas belajar yg paling utama adalah membaca. Temukan cara melahap buku yang nyaman. Misalnya inner journey, mengaitkan apa yg sedang di baca dengan hal-hal yang terjadi. Misalnya saja sedang membaca teori tentang gempa bumi. Kita bisa menghubungkannya dengan kejadian gempa yang terjadi.

7. Bikin catatan yang menarik
Membuat ringkasan materi yang cantik, catatan ringkas akan mempermudah untuk di pelajari dan menemukan inti atau pokok-pokok materi setiap pelajaran.

8. Temukan gaya belajar
Beda orang, beda karakter, beda kebiasaan & tentunya tidak semua sama cara belajarnya.cara belajar ini sebenarnya ada 4 tipe. Pertama, visual learner, kalo tipe pembelajar yang seperti ini, sangat tepat tempel-tempel poster, atau ilustrasi-ilustrasi yang mendukung untuk belajar. Kedua, disebut auditory learner. Kalo punya perekam, selain mencatat pelajaran, kita bisa merekam guru pas mengajar. Ketiga, gaya belajar yang disertai dengan gerakan, perabaan, atau sensasi fisik lainnya. Ini disebut kinesthetic learner. Keempat, orang yang suka memakai analogi-analogi dalam mempelajari sesuatu dosebut logical learner.

9. Saatnya ujian…!!!
Ada baiknya saat ini hindari belajar teralalu tegang, usahakan hadir lebih awal untuk menghindari segala kemungkinan. Setiba ditempat ujian jangan mendekat dengan teman-teman. Tunggulah dengan tenang sambil berpikir positif. Berpikir positif dengan menyingkirkan segala pikiran tentang kelemahan-kelemahan apalagi hal-hal yang tidak di ketahui dengan jelas.

10. Berdoa

Tuhan yg menciptakan kita, semuanya adalah milik-Nya, kesanggupan kita melangkah, pendengaran apalagi kecerdasan ada dalam pengawasan dan kendalinya. Maka bermohonlah kepada-NYa.
(KIM Punden Donan)

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.

Posting Komentar

 
Copyright © 2015 Kim Punden Donan
Design by FBTemplates | BTT