HEADLINE NEWS

Sabtu, 29 Agustus 2015

ADAT ISTIADAT DAN TRADISI LELUHUR "MANGANAN"

Berbagi Tumpeng
Donan - Purwosari. Untuk melestarikan Budaya dan Adat Istiadat yang selama ini sudah turun temurun di lestarikan sejak dari nenek moyang, desa Donan menggelar acara Sedekah Bumi atau yang lebih dikenal dengan nama "Manganan", acara ini biasanya diselenggarakan setiap tahun tepatnya pada penggalan Jawa Hari Jum'at pahing Bulan Selo.

Setiap tahunnya acara Sedekah Bumi "Manganan" yang di gelar di Makam desa Donan ini selalu di meriahkan dengan menampilkan Wayang Krucil yang sudah menjadi Tradisi dan merupakan suatu keharusan yang wajib tampilkan dalam acara Sedekah Bumi "Manganan", untuk pengertian Wayang Krucil Itu sendiri bentuknya seperti Wayang Kulit namun kecil, dalam perkembangannya saat ini terbuat dari kayu yang dipahat pipih dua dimensi yang kemudian dikenal sebagai Wayang klithik, dan untuk desa Donan dan sekitar wilayah desa Donan sendiri menamakan Wayang Krucil.

Dalam sejarah Pewayangan, Wayang Krucil mengambil cerita atau lakon yang berbeda dari wayang-wayang lainnya seperti Kisah Mahabarata, namun cerita dan nama perannyapun berbeda, tidak ada Arjuna ataupun Bima, Wayang Krucil biasanya mengambil cerita dari sejarah Wali Songo dan kisah-kisah terbentuknya sebuah nama daerah atau pemukiman, itu sepintas tentang Wayang Krucil yang di tampilkan Dalam acara Sedekah Bumi "Manganan".

Wayang Krucil
Kesenian wayang yang kerap menggunakan lakon atau tokoh Umar Amir juga menyebar di kabupaten Blora Jawa Tengah dan sekitarnya, namun keberadaan Wayang Krucil itu sendiri untuk saat ini hampir terancam punah, jika 5 (lima) sampai 10 (sepuluh )tahun mendatang tidak ada regenerasi perajin dalang, dikhawatirkan akan punah kesenian ini.



kimpundendonan

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.

1 komentar:

 
Copyright © 2015 Kim Punden Donan
Design by FBTemplates | BTT